Senin, 25 Januari 2010

senin ,25 januari 2010

berapa waktu yang lalu ,gue di kejutkan oleh pertanyaan pertanyaan polos yang keluar dari mulut 'ade kecil' gue yang berupa pertanyaan pertanyaan yang ga wajar menurut gue dia tanyain buat umurnya yang masih kecil dan gue ga inget betul pertanyaan pertanyaannya tapi ini dia yang nanya dan gue yang ngejawab

ade kecil : kaka bantuin aku nemuin jawaban pertanyaan aku yah ?
gue : oke deeeh emang pertanyaan apa de ?
ade kecil : ka aku ga ngerti sama kata kata ini
gue: kata kata apa sayang ?
ade kecil : apa itu kepedulian ?
gue : kepedulian itu tenggang rasa yang dimilikin sam setiap orang
ade kecil : kalo kesehatan ?
gue : kondisi baik ato kondisi buruk seseorang
ade kecil : kalo mati rasa ?
gue : mafia kali yah ?hahaha
ade kecil : ko jadi mafia ?
gue :hem karna setau kaka mafia itu udah kehilangan 'rasa' dalam hidupnya dia
ade kecil : kenapa 'rasa' itu bisa hilang ?
gue : karna 'rasa' itu bersifat sementara
ade kecil : apa sebenarnya 'rasa' itu ?
gue : rasa itu sesuatu yang ada di dalam diri kita di dalam hati kira tepatnya (kata gue sambil nunjuk ke arah dada dia terus dia nundukin kepala dan dia mengadah lagi)
ade kecil : terus apa hubungannya rasa dengan mafia ?
gue : mungkin karna mafia adalah orang yang rasanya udah menghilang
ade kecil : kenapa mereka bisa kehilangan rasa ?
gue :alasannya pasti ada di dalam diri mereka dan kaka ga tau apa itu tapi yang pasti itu adalah sebuah pengalaman mereka masing masing
ade kecil : pengalaman itu apa ka ?
gue :pengalaman itu adalah hal yang telah terjadi saam setiap orang dan pengalaman itu pasti berbeda beda
ade kecil : kenapa beda ?apa yang bikin pengalaman itu beda ?
gue : karna perbedaan waktu latar tempat dan perbedaan karakteristik masing masing manusia
ade kecil : karakteristik itu apaa ?
gue :perbedaan sifat dan prilaku masing masing orang yang pasti berbeda datus ama lain
ade kecil : dari mana datengnya ketidak samaan itu ka ?
gue :dari hal hal dan kejadian kejadian yang pernah di alamin masing masing orang
ade kecil : apa itu di lewati ?
gue :di lewati adalah waktu yang sudah berlalu
ade kecil : apa persamaan yang sudah dan yang belum ?
gue :persamaannya adalah yang sudah ataupun yang belum terjadi adalah jalan kehidupan yang harus dilewati dalam hidup
ade kecil : apa itu hidup ?
gue :hidup itu serangkaian kejadian dan hal yang terlewati oleh seseorang selama dia masih bernafas
ade kecil :apa dia sebenarnya membutuhkan hidup ? atau dia terpaksa hidup ?
gue :ada orang yang butuh dan ada yang belagak ga butuh
ade kecil : ko beda ?
gue :yah karna setiap orang itu berbeda mereka lah yang menentukan nasip mereka masing masing
ade kecil : apa itu nasip ?
gue :nasip itu adalah takdir yan bisa di ubah
ade kecil : apa itu takdir ?
gue :takdir itu jalan hidup manusia yang sudah mutlak ga bisa di rubah rubah sekeras apapun di coba buat di rubah
ade kecil : ko ada takdir sih di dunia ?
gue :karna semuanya sudah ada Allah SWT yang menentukan siapa jodoh kamu .bagai mana rejeki kamu kapan kamu mati gitu
ade kecil : kenapa bisa begitu ?
gue :karna semuanya sudah terkonsep di atas sana dan mati jodoh dan rezeki ga ada yang bisa merubah takdirnya
ade kecil : apa itu mati jodoh dan rejeki ?
gue :jodoh adalah pasangan hidup kamu mati adalah di saat seseorang itu kehilangan nyawanya dan ga bisa lagi hidup dan bernafas sementara rejeki adalah keuntungan dan keberuntungan kamu
ade kecil :lalu kenapa ada mati kalo ada hidup di dunia ?
gue :karena bumi ini berputar semua itu akan berubah berubah dan terus berubah dan hidup itu jembatan untuk ke dunia lain
ade kecil : apa bumi masih berputar ?ko aku ga pusing ?
gue : masih laah bumi itu terus terusan berputar mengelilingi matahari dan berlawanan jarumjam untuk menciptakan kehidupan di dalamnya
ade kecil : apa itu hidup dan kehidupan ?apakah itu sama ?
gue : entahlah
ade kecil : apa hidup itu ada akhirnya ?
gue :tentu saja ada ade kecilku sayang
ade kecil : kenapa harus berakhir ?
gue : karena setiap awal pasti ada akhir .semua yang ada awalnya pasti ada akhirnya
ade kecil : apa semua berakhir bahagia ?
gue :tidak selalu bahaia karena pada pihak pihak tertentu akan berakhir tidak bahagia
ade kecil : contohnya ?
gue :di dalam kisah sleeping beauty si nene sihir jahat yang mengutuk aurora itu mati sementara aurora dan pangeran phillip menikah dan bahagia
ade kecil : apakah di nene sihir itu mati sungguhan ?
gue :entahlah hahaha yang kaka tau sih dia mati
ade kecil : apa aurora bahagia bersama pangeran phillip ?
gue :ya mereka bahagia karena saling mencintai .
ade kecil :apa itu juga terjadi di dunia nyata ?
gue :ya itu juga terjadi di kehidupan nyata
ade kecil : dati mana kebahagiaan itu datang ?
gue :dari kacamata kehidupan masing masing manusia
ade kecil : apa itu kaca mata kehidupan ?
gue :kacamata kehidupan itu adalah sudutpandang atau cara pandang seseorang terhadap hidup ini
ade kecil : apa sayang itu juga termasuk ?
gue :tidak itu termasuk ke katagori 'rasa'
ade kecil : lalu apa arti sayang itu ?
gue :sayang adalah rasa bahagia melihan orang yang disayang itu bahagia walaupun tidak dapat apa apa
ade kecil : lalu apa untungnya ?
gue :mungkin bisa lebih menghargai perasaan orang lain dan itu akan menguntungkan hidup kita
ade kecil : lalu apa masalah itu ?
gue :masalah itu ujian dalam hidup
ade kecil : dari mana datangnya ?
gue :dari dalam diri kita
ade kecil : mengapa bisa begitu ?
gue :karena apapun yang kita lakukan itu pasti ada dampaknya ada efek dari perbuatan kita misalnya kita salah yah kita di hukum ttapi kalo engga salah yah kita ga di hukum
ade kecil : hukuman itu adil ?
gue :hukuman itu sesuai dengan apa yang di lakukan .
ade kecil : ada hubungannyadengan keberuntungan ?
gue :mungkin hahahah karena apapun bentuknya keberuntungan itu pasti menguntungkan dalam hidup
ade kecil : lalgu dari semua yang kaka bilang dan kaka jawab menurut kaka untuk apa hidup itu ?
gue cuma diem gatau mau ngomong apa ..dia adalah ade kecil yang sangat kritis ingin tahu banyakhal di usianya yang masih sangat belia hahaha kaka sayang kamu ade kecilkuu muah :*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar